Berita

Industri asuransi dan dana pensiun mencatatkan peningkatan investasi hingga Mei 2017. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total investasi dana pensiun meningkat menjadi Rp 243,97 triliun.

BKPM Optimis Bisa Kejar Investasi Rp 790 T Pada 2019

  News      bandi
26 December 2019

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengaku optimis dapat mencapai target investasi Rp790 triliun pada akhir 2019 ini. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan keyakinan didasarkan pada realisasi investasi sampai akhir Oktober 2019 yang sudah mencapai Rp 601 triliun.


Angka tersebut hanya terpaut sekitar Rp189 triliun dari target investasi tahun ini.


"Pada Oktober ketika kami masuk, realisasi sudah Rp 601 triliun. Insya Allah realisasi di 2019 akan melampaui target Rp 790 triliun," katanya di Jakarta, Rabu (25/12).


Pada tahun depan, Bahlil memperkirakan investasi dapat mencapai sebesar Rp885 triliun. Rencananya, aturan omnibus law dapat membantu pihaknya untuk dapat mencapai angka tersebut.


"Ya minimal bisa membantu. Omnibus law itu kan gabungan dari 74 UU. Yang tumpang tindih di situ diselesaikan," ujarnya.


Tak hanya Omnibus Law, Bahlil juga mengaku telah mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang selama ini kerap menghambat jalannya investasi. Menurut Bahlil identifikasi tersebut dapat menjadi solusi untuk mencapai target investasi tersebut.


"Setelah kami identifikasi, kami akan menyelesaikan. Karena setiap investasi yang masuk, kasusnya beda-beda. Ada kasusnya di kementerian/lembaga, ada kasusnya di gubernur dan bupati, ada kasusnya di tanah. Ini memang berbagai macam," tuturnya tanpa menyebut masalah tersebut.


Lebih lanjut, Bahlil mengatakan target investasi tersebut bisa tercapai dalam kisaran waktu enam hingga tujuh bulan. Apabila semuanya lancar.


"Kalau ditanya optimis atau tidak, saya yakin optimis selesai. Kami minta waktu kepada bapak presiden kurang lebih enam sampai tujuh bulan kami selesaikan," pungkasnya.